Rabu, 23 April 2008

ASPIRASI DIABAIKAN, GELAR MUSRENBANGDES KHUSUS PEREMPUAN


http://lakpesdamjombang.org/home/index.php?option=com_content&task=view&id=148&lang=en&Itemid=1

Jombang - Perempuan Desa Bongkot, Peterongan, Jombang, pada Selasa (11/3) pagi, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) khusus perempuan. Acara ini dilangsungkan karena hasil Musrenbangdes yang dilaksanakan oleh pemerintahan desa beberapa waktu lalu, dinilai tidak memenuhi aspirasi perempuan.
Perempuan setempat cukup antusias mengikuti acara yang digelar di kantor desa ini. Beberapa anggota DPRD Jombang, diantaranya Saihul Atho’ dan Hj. Muflihah Tamim tampak hadir pada acara tersebut. Staff Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, Sutini, juga turut hadir dalam forum yang diselenggarakan untuk media menyampaikan aspirasi perempuan.

Darsih, salah seorang petani perempuan yang turut serta dalam Musrenbangdes perempuan, mengungkapkan kesulitan keluarganya karena biaya produksi pertanian tidak sebanding dengan pendapatan hasil panen yang diperoleh. ”Semua permasalahan yang terjadi, membuat kami (petani) semakin kesulitan dalam menata perekonomian keluarga.” terangnya, sebagaimana dikutip Suara Warga FM Jombang.

Mengatasi persoalan petani harusnya dimasukkan dalam agenda Musrenbangdes. Karena salah satu masalah nyata yang ada di desa adalah pertanian. ”Masyarakat harus memasukkan setiap masalah yang ada di desa kedalam musrenbangdes,” tegas Sutini, Dinas Pertanian Jombang. Ia menambahkan, Sejauh ini masyarakat hanya berharap pemerintah akan lebih memperhatikan petani-petani kecil tetapi tidak mengagendakan masalahnya dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan ditingkat Desa. [MD/Suara Warga FM Jombang]

Tidak ada komentar: